Interaksi Manusia dengan Komputer

Interaksi manusia dan computer ( IMK )

Interaksi Manusia dan Komputer adalah suatu disiplin ilmu yang berkaitan dengan disain, implementasi dan evaluasi dari sistem komputasi yang interaktip untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang ruang lingkupnya.

Di dalam hidup ini setiap makhluk pasti akan berinteraksi dengan yang lain nya , contoh dari interaksi itu seperti segerombolan semut saling berinteraksi untuk mengerjakan sesuatu hal, sama hal nya dengan manusia manusia akan berinteraksi dengan manusia yang lain nya tuk tujuan tertentu, manusia tidak akan bisa hidup sendiri karna manusia adalah makhluq sosial dan butuh bantuan orang lain.

Tidak hanya dengan manusia saja manusia berinteraksi juga dengan komputer, kita ketahui akhir akhir ini komputer sangat lah pesat perkembangannya maupun dari soft ware ataupun hardware nya, dalam bidang apapun komputer sangat berperan penting dalam penggunaanya, dalam bidang pendidikan atau edukasi komputer dapat membantu memahami anak didik dalam suatu hal.
Dalam perkembanganya komputer mempunyai beberapa generasi, generasi pertama yang menggunakan tabung hampa udara yang sangat besar dan tidak efisien sampai saat ini yang mnggunakan processor yang sangat kecil dan sangat effisien.
Kita juga mengetahui bahwa komputer terdiri dari user software dan hardware , ketiga aspek ini sangat berpengaruh antar satu dan yang lainya jika tak ada salah satu dari aspek ini maka komputer tidak akan berfungsi, ada software dan hardware tanpa user maka komputer hanya jadi benda yang tak berguna karna tak da user yang mnggunakan, begitupun jika tak ada software user akan sulit berhubungan langsung dengan hardware, dan jika tak ada hardware apa yang akan dijalan kan ??,….
dalam interaksi manusia dengan komputer software menjadi bagian yang penting, dalam pekembangna nya software bertujuan untuk memudahkan user untuk menggunakan komputer, software juga berfungsi mengatur seluruh kerja hardware dengan perintah utama dari user, apa yang diinginkan oleh user akan di konversikan oleh software agar dapat di mengerti oleh hrdware.
kemampuan dari komputer sangat lah menakjubkan misalnya saja melaukan oprasi dasar seperti perhitungan dalam satuan millisecond, microsecond, dan picosecond, misalkan saja manusia dapat mengerjakan satu perhitungan dalam waktu satu detik,  satu detik perhitungan di komputer akan di selesaikan sselama 1 triliun detik atau 31709 tahu (1 picosecond = 1 triliun detik ) !!!!!
Walaupun kelihatanya komputer lebi unggul dari manusia tapi hal yang tak dapat menyamai manusia adalah manusia mempunyai inisiatip dan dapat beradaptasi dalam kondisi tertentu, sedang komputer tidak dapat melakukan hal tersebut. Sehebat apa pun buatan manusia tak akan melebihi apa yang telah di ciptakan oleh Allah

Beberapa aspek yang menjadi fokus dalam perancangan sebuah antarmuka adalah :

1.    Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan sebuah antarmuka.

2.    Metode implementasi antarmuka.

3.    Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka.

4.    Pengembangan antarmuka baru.

5.    Mengembangkan sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru.

Contoh:

Seorang Programmer membuat sebuah program dengan menggunakan beberapa form. Form pertama misalnya berisi transaksi penjualan barang, kemudian dia membuat beberapa tombol dengan nama New, Save, Edit, Delete. Kemudian pada form kedua misalnya berisi transaksi pembelian barang, programmer tersebut membuat beberapa tombol dengan nama Baru, Simpan, Koreksi, Hapus.

Dari contoh diatas terlihat bahwa penamaan tombol-tombol tersebut pada beberapa form berbeda dan tidak konsisten. Dan untuk sebuah program hal ini tidaklah baik.

Sebagai contoh lagi, misalkan sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang user yang menggunakan. Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu.

By: google

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: