Hal-Hal yang perlu di lakukan bila muncul keraguan

  1. Toleh ke belakang
    Berhentilah sejenak dan renungkan dari mana kita telah memulai perjalanan. Apakah kita menyukai perjalanan itu? Tenangkan diri! Katakan kepada diri sendiri bahwa keraguan lebih baik daripada harus mundur di tengah jalan.
  2. Tanya teman
    Temui orang-orang yang dipercaya bisa memberikan kontribusi pemikiran secara terbuka dan jujur. Tanyakan pada mereka mengenai keraguan Anda di berbagai aspek, supaya mereka dapat membantu mempertimbangkan mana keraguan yang nyata, mana yang fiktif.
  3. Buat dua jenis daftar
    Tulis pro-kontra yang muncul berkaitan dengan apa yang sedang kita perjuangkan. Kolom pertama untuk menulis keraguan-keraguan yang muncul; kolom kedua untuk menulis prestasi-prestasi yang hendak dikejar. Gunakan informasi ini untuk membandingkan besar-kecilnya kesempatan kita dibandingkan dengan tingkat keraguan yang terjadi.
  4. Terus maju walau semakin sulit
    Hal yang buruk bisa saja terjadi. Pada saat sulit seperti itu, kita harus terus maju dengan memberikan energi yang semakin besar.
  5. Bercermin pada tokoh panutan
    Apakah orang-orang sukses yang kita kagumi juga mengalami keraguan-keraguan yang sama selama merintis keberhasilan? Sebagai manusia, mereka tentu mengalami hal yang sama. Dengan belajar dari kisah kesuksesan mereka, kita bisa belajar bagaimana mengatasi masalah keraguan kita.
  6. Keraguan bisa menjadi pertanda baik
    Adanya keraguan tidak bisa dihindari. Keraguan juga menjadi petunjuk bahwa kita telah meninggalkan zona aman kita dan mulai masuki ke wilayah baru. Dalam konteks ini, keraguan bisa digunakan sebagai tanda keberhasilan, bukan peringatan bakal terjadinya hal buruk!
  7. Gunakan kenyataan sebagai alat ukur
    Keraguan adalah perasan yang muncul saat kita bergerak maju. Perasaan-perasaan ini membantu kita untuk segera melakukan penyesuaian-penyesuaian tertentu sepanjang perjalanan, sehingga bisa tetap berada pada jalur yang benar. Oleh sebab itu, bila muncul keraguan, kita mungkin sedang sampai pada suatu persimpangan jalan yang sedang dilalui.
  8. Gali lebih dalam
    Jika kita berada pada situasi yang syarat persaingan, pesaing-pesaing kita mungkin pula mengalami keraguan yang sama. Dalam keadaan seperti itu, coba gali kemampuan kita lebih dalam dan terus melangkah maju. Biarkan pesaing kita terjerat kebimbangan dan mundur.
  9. Ambil langkah pendek
    Keraguan bisa sebagai tanda adanya ambisi yang berlebihan, bukan dalam hal tujuan jangka panjang, melainkan mengenai panjang-pendek langkah yang perlu diambil. Perubahan membutuhkan waktu. Kita harus belajar melambatkan gerak langkah, jika sedang menghadapi bagian yang terasa sulit.
  10. Gunakan foto
    Orang-orang sukses biasanya memiliki foto-foto yang mendokumentasikan visi dan cita-cita jangka panjang mereka. Jika memiliki foto-foto seperti itu, tempelkanlah di latar dinding, atau di meja kerja kita di rumah. Foto-foto tersebut bisa memberi inspirasi saat menghadapi kabut gelap keraguan.
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: